Selasa, 24 Maret 2015

Agar Hati Terasa Tenang

Hati terasa tenang merupakan dambaan setiap orang. Dengan hati tenang kita akan merasakan sensasi yang luar biasa dan perasaan yang senang secara terus menerus. Dengan ketenangan hati akan mempengaruhi cara berpikir, langkah bertindak dan bagaimana melaksanakan kewajiban. Hati yang tentram akan memberikan kewibawaan dalam berkata dan bertindak, untuk itulah hati yang tenang itu di cari oleh setiap orang.

Perasaan manusia merupakan awal dari terjadinya hati yang tenang. Dalam hal ini perasaan menjadi nomor satu daripada keberhasilan seseorang dalam memperjuangkan cita-citanya, sehingga perasaan merupakan faktor penentu keberhasilan yang paling awal. Oleh sebab itu banyak orang berlomba-lomba dalam mendapatkan keberhasilan dalam memperoleh ketenangan agar setiap hari dapat merasakan kebebasan berpikir, bertindak dan merasakan sesuatu.

Perasaan itu memiliki cara tersendiri dalam mengolah keadaan, sebagai misal anda menginginkan untuk pergi bekerja, pada saat bekerja anda merasakan galau karena pekerjaan anda tidak sesuai dengan harapan. Contoh kecil tersebut adalah salah satu perasaan yang tidak dapat di kontrol dengan baik. Sehingga menghasilkan pembentukan rasa yang kurang pas, dan sebaiknya di lakukan perubahan dari tindakan dan perilaku. Contohnya adalah ketika anda galau karena pekerjaan yang anda lakukan sekarang, nikmatilah dan lakukan apa yang bisa anda lakukan dan bersyukurlah atas pekerjaan anda tersebut. Hati anda akan sedikit lebih tenang.

Ketika perasaan senang juga tidak pernah diperhatikan sebabnya, misalnya anda sekarang memiliki uang banyak karena sedang gajian kemaren, dan anda tidak sengaja mengajak teman dan pacar anda ke bioskop dan anda mentraktirnya dengan senang hati. Setelah anda selesei perasaan anda tetap bahagia walaupun tidak ada yang memberikan kebahagiaan tersebut saat itu. Kalau disadari anda sudah diberikan rejeki oleh Tuhan dan di utus untuk memberikan sebagian rejeki kepada teman anda saat itu juga. Itulah kenapa bawasannya keadaan mempengaruhi terjadinya perasaan yang senang dan hati yang tentram.

Walaupun demikiran perasaan anda akan sangat mempengaruhi hubungan anda dengan pacar atau suami/istri. Sebab jika hati anda tidak tenang dan menyebabkan perasaan dan pikiran kacau, maka seluruh kegiatan yang anda lakukan akan menuai kekacauan lebih banyak lagi. Banyak perasaan negatif di dalam hati anda yang menuduh bahwa pacar anda selingkuh, menuduh suami/istri selingkuh, atau merasa hubungan anda tidak cocok lagi. Banyak aura negatif yang dapat dirasakan jika perasaan tidak dirubah dan diperbaiki secepatnya.

Jika itu sebaliknya maka hubungan anda akan terasa tenang dan tentram. Hati anda akan kembali sembuh dan merasa bahwa hubungan anda terhadap pasangan baik-baik saja dan istimewa. Perasaan anda akan muncul lebih baik dan lebih tenang bila bertemu kekasih hati serta mampu mendapatkan kecupan dan pelukan darinya dengan perasaan cinta yang dalam. Walaupun ada kendala dalam hidup anda dan dirinya tidak akan pernah tergantikan perasaan-perasaan positif menyertai anda dan pasangan.

Tentu 2 pilihan tersebut tidak mudah untuk dilakukan, perlu tantangan dan ujian yang diberikan Tuhan kepada anda. Jika anda lulus dan melalui dengan baik maka Tuhan akan menghadiahkan kepada anda ketentraman dalam hati yang tenang, perasaan positif, perilaku yang baik, dan hati terasa senang. Tidak terkecuali bagi anda yang masih belum memiliki harta sama sekali, perasaan tidak dipungut biaya apapun dalam menjalankannya, namun akan menghasilkan uang yang banyak jika dijalankan dengan baik.

Untuk itu agar hati terasa tenang diperlukan cara-cara atau hal-hal khusus yang perlu anda perhatikan supaya hati anda tentram selalu dan membuat anda tetap bersemangat dalam menjalankan hari anda saat ini. Berikut cara-cara yang bisa anda terapkan ..

Sholat Malam

Sholat malam merupakan cara orang islam dalam mengheningkan cipta pada waktu malam. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan kepada nabi Muhammad SAW, dikisahkan beliau memberikan cara-cara dan manfaat dalam menjalankan sholat malam tersebut. Dalam sholat malam akan membantu setiap orang untuk berbuat baik, menghindari dosa besar, mendekatkan diri kepada Allah SWT, mampu menghilangkan segala bentuk dosa, dan membuat hati terasa tenang.

Puasa Senin Kamis

Puasa itu bukan sebuah keharusan yang harus dikerjakan, namun sebagai cara anda untuk menentramkan dan menenangkan diri. Jika seseorang tidak pernah puasa sama sekali dalam 1 bulan, maka akan menggumpalkan darah di otak sehingga membuat pikiran menjadi negatif dan membuat suasana menjadi tidak terkendali dan mampu memasukan sikap negatif dan hasil yang negatif. Untuk itu puasa senin dan kamis adalah solusi yang tepat dilakukan setiap minggu. Jika ini berhasil di lakukan maka hati anda akan terasa tenang, perasaan bahagia, dan selalu dicintai oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Bersedekah Dengan Ikhlas

Sedekah adalah cara yang paling manjur dan cepat untuk mendapatkan ketenangan hati. Jika di bayangkan anda memasukan uang secara iklas ke kotak amal di masjid dan pada saat pulang ada rejeki datang dari orang tua anda berupa makanan dan minuman. Secara tidak sengaja anda merasakan kesenangan berlipat ganda, dan secara tidak langsung mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Jika sedekah dilakukan dengan iklas tanpa adanya pamrih sama sekali kepada teman, maka suatu saat anda akan dibantu juga olehnya, walaupun tidak pernah berharap sama sekali tentang hal itu. Sedekah adalah ilmu terbesar yang sebaiknya anda miliki saat ini juga, sebab itu akan membuka kunci ketenangan dalam hati anda.

Dzikir Malam

Dzikir malam setelah sholat malam merupakan cara yang tepat dalam mengingat Allah SWT, agar hati terasa tentram dekat dengan yang maha kuasa. Dzikir mampu memberikan pikiran kotor menjadi kembali baik setelah mengucapkan amalan yang diberikan menurut al-qur'an dan hadist. Berdzikir mampu menghilangkan beban pikiran dan perasaan yang masih kotor akibat perkataan dan perilaku yang negatif. Untuk itu dziki adalah cara langsung mendapatkan ketenangan hati.

Tidur Lelap

Selain beribadah tadi ada cara yang paling disukai banyak orang, yaitu tidur. Tak disangka bahwa tidur adalah cara yang cepat dalam mendapatkan ketenangan hati. Tidurlah dengan lelap pada waktu malam hari, dan bangunlah untuk beribadah agar perasaan anda kembali membaik. Setidaknya tidur setiap hari adalah 6-8 jam untuk anak-anak, dan 4-7 jam untuk orang dewasa.

Menikmati Hidup

Sebagian besar hidup ini dilakukan hanya untuk dinikmati, dan untuk mendapatkan ketenangan hati maka anda diwajibkan agar terus merasakan kenikmatan dunia dan terus bersyukur atas pemberian yang maha kuasa. Tanda menikmati hidup seseorang tidak akan pernah memiliki pandangan positif, perasaan baik, serta tindakan yang memberikan perubahan lingkungan. Menikmati hidup sanggup membuat hati terasa tenang sebab dalam kaidahnya pekerjaan ataupun tugas yang dikerjakan akan lebih menyenangkan dan lebih merasakan ketenangan dalam mengerjakannya, sehingga tugas dan pekerjaan akan terasa sangat mudah untuk dikerjakan.

Perbaikan diri juga dibentuk dalam menikmati hidup ini. Jika di berikan contoh, anda adalah seorang pria yang menginginkan untuk memperoleh wanita yang anda inginkan. Anda menikmati hidup dengan memberikan perhatian kepadanya, sedikit-demi sedikit anda memberikan kasih sayang dan perasaan kepadanya, sehingga wanita yang anda inginkan menjadi lebih memperhatikan anda juga, kemudian anda dapat menyatakan cinta kepadanya dan diterimanya dengan baik. Perasaan positif akan timbul akibat anda menikmati hidup dengan sebaik-baiknya.

Ketenangan jiwa dan rasa akan terbentuk dari cara anda untuk menikmati hidup ini. Jika jiwa anda sedang sedih, maka hiburlah dengan bernyanyi, bermain musik, pergi ke suatu tempat, dan lain sebagainya. Inti dari permasalahan adalah anda harus melakukan apa yang ada dalam pikiran anda, perasaan anda harus tetap tenang bagaimanapun caranya, ini adalah kuncinya.

Melakukan Hobi/Kesenangan

Hobi adalah bentuk kesenangan diri kepada benda ataupun kegiatan yang dilakukan. Untuk melakukan hobi ini sebaiknya anda merasakan terlebih dahulu apa yang sekiranya anda inginkan dan senang dalam menjalankannya. Jika sudah maka terbentuklah hobi. Seperti halnya jika anda gemar bermain sepak bola, suka menggiring bola dengan baik, dan mampu memasukan bola ke gawang lawan dengan tendangan kilat anda. Maka hobi anda adalah bermain sepak bola. Jika anda melakukan hobi ini secara tidak langsung anda memperoleh perasaan yang tenang dan hati yang tentram.

Olahraga Pilihan

Jogging, berenang, bermain sepak bola, menulis, bermain game di internet, dan sebagainya adalah bentuk cara anda dalam memilih olahraga apa yang anda senangi. Selain hobi ada juga bentuk cara yang tepat dalam membuat hati terasa tentram, olahraga. Dalam olahraga anda harus menentukan apa yang bisa anda lakukan, apakah berlari? atau berenang? itu adalah pilihan anda. Jika anda mahir dalam berlari maka jogginglah pada waktu pagi pada waktu minggu pagi, ini akan membangkitkan hormon adrenalin anda dan membentuk kenyamanan dalam tubuh anda sehingga hati terasa tenang.

Melihat Binatang Kesayangan

Kucing, anjing, kera, monyet, ataupun binatang lainnya yang serupa adalah binatang kesayangan yang harus anda perihara dengan baik. Karena binatang kesayangan adalah hewan yang anda lindungi, perhatikan dan berikan makanan. Jika anda senang terhadap binatang kesayangan anda maka hati anda terasa tentram dan damai jika melihat binatang kesayangan anda senang dalam memakan makanan.

Menabung

Sulit untuk mengatur keuangan?, menabunglah ! sebab dengan menabung akan memberikan kebaikan dalam hidup anda. Apa yang anda inginkan jika anda sudah menabung? apakah anda ingin sebuah motor baru? atau handphone baru dengan harga 3 juta? menabunglah ! sebab dengan menabung akan memberikan pikiran yang tenang, hati yang tentram dan perasaan yang positif setelah mencapai puncak untuk membelikannya tujuan anda tersebut.

Agar Hati Terasa Tenang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown