Selasa, 27 November 2018

Manfaat Buah Nangka Muda Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Nangka Muda Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya
Buah nangka merupakan buah yang sering kita jumpai di sekitar kita. Buah nangka adalah buah yang manis, enak di makan, dan dapat menyehatkan tubuh. Sehingga buah nangka ini banyak yang menginginkannya, yang digunakan sebagai camilan ataupun makanan penutup.

Buah nangka tumbuh berukuran sedang. Yaitu sekitar 20-30 meter tingginya. Batang memiliki diameter 1 meter, seluruh baguan tumbuhan mengeluarkan getah putih dan pekat apabila di gores. Buah nangka bila berwarna kuning keemasan berarti sudah masak, apabila tercium harum maka sudah dapat dipastikan untuk di makan.

Kegunaan yang paling umum dilakukan oleh masyarakat adalah dengan menjadikan nangka sebagai es campur, jus, atau olahan makanan daerah seperti dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka goreng tepunt, keripik nangka, dan masih banyak lagi. Nangka digunakan sebagai pengharum es krim ataupun minuman, nangka dijadikan madu untuk pemanis alami. Nangka juga berguna sebagai karbohidrat alami tambahan.

Nangka muda merupakan nangka yang belum dapat dimakan sebagai camilan ataupun olahan daerah. Karena masih pekat dan masih terdapat banyak getah, sehingga menjadi masakan dan olahan untuk masakan tradisional.

Berikut adalah manfaat apa saja buah nangka muda bagi kesehatan dan efek sampingnya.

Suhu Tubuh Diatur

Nangka muda ternyata dapat mengatur suhu tubuh seseorang agar selalu stabil. Dengan mengonsumsi nangka muda atau ketewel ini, kamu tidak akan mengalami demam dan cukup kuat menghadapi segala jenis cuaca yang sedang ektrem. Cuaca dingin, panas, ataupun sedang biasa saja jika kamu mengonsumsi nangka muda, maka suhu tubuh akan biasa saja.

Tambah Masa Otot

Protein yang tinggi pada nangka muda akan membuat kamu mengalami penambahan masa otot. Selain itu kamu akan memiliki tubuh yang fit dan sehat. Kuat dan energik karena protein yang terkandung dalam nangka muda ini dapat membuat perkembangan sel tubuh meningkat dan memberikan kekuatan ketika kamu bekerja.

Badang Menjadi Fit

Nangka muda ternyata dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih fit dan lebih energik. Dengan memakan nangka muda dan olahraga teratur, maka kamu akan mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Selain itu jika kamu terus melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya, maka tubuh kamu akan terus mengalami peningkatan.

Kolesterol Menurun

Siapa sangka bahwa nangka muda dapat menurunkan kolesterol. Bila kamu memakan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak HDL atau lemak yang tidak dibutuhkan tubuh, maka buah nangka muda ini dapat membantu kamu menurunkan lemak jahat tersebut. Manfaat nangka muda ini adalah sebagai sumber dari lemak HDL, sehingga kandungan lemak yang baik akan menggantikan lemak jahat.

Otak Lebih Encer

Nangka muda ternyata memiliki fungsi mengencerkan otak kamu. Stimulus otak akan merangsang otak agar mudah berpikir jernih. Dengan memakan sayur buah nangka muda, maka kamu akan terus fit dan mudah dalam berpikir dan mengingat sesuatu. Otak kamu akan lebih encer dan lebih mudah untuk berpikir.

Mengatasi Lambung

Bila kamu memiliki gangguan lambung, maka buah nangka muda ini akan membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Jika kamu sedang nyeri karena maag, maka cobalah makan buah nangka muda, dimasak lodeh atau masakan lain yang kamu sukai. Maka usus kamu akan kembali lebih normal dan lebih sehat kembali.

Mengatasi Mual

Bila kamu sekarang mual-mual dan tidak enak badan dan mau masuk angin, maka makanlah sayur buah nangka ini. Kandungan gizi yang cukup baik dapat membantu meringankan mual-mual dalam peruk kamu. Agar tidak mudah terserang angina pectoris yang biasanya membuat orang menjadi masuk angin.

Efek samping dari buah nangka muda adalah..

Alergi

Bila kamu memang orang-orang yang alergi terhadap buah nangka, maka hindarilah buah nangka ini. Karena tidak semua orang mampu mengonsumsi buah nangka. Ada beberapa orang yang alergi dengan buah nangka, disebabkan karena terkena getah ataupun memang tidak menyukai buah nangka muda ini, sehingga sebaiknya dihindari.

Menderita Kelainan Darah

Koagulasi pada darah akan meningkat dan menyebabkan gumpalan-gumpalan darah yang mengalir ke tubuh bila seseorang terserang penyakit kelainan darah. Misalkan darah akan mengumpal saat akan mengalir keluar tubuh sehingga menyebabkan penderita memiliki gangguan darah. Lebih baik mengonsumsi nangka buah dibanding nangka muda.

Pada Penderita Diabetes akan Meningkatkan Toleransi Glukosa

Jika kamu terserang diabetes, maka alangkah baiknya kamu tidak mengonsumsi buah nangka. Sebab buah nangka akan berpotensi meningkatkan glukosa dalam darah. Sehingga akan menyebabkan peningkatkan gula pada penderita diabetes.

Manfaat Buah Nangka Muda Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Didin Jaya Komputer