Jumat, 20 Desember 2019

Apa Itu CCTV dan Bagaimana Pemasangannya?

Apa Itu CCTV dan Bagaimana Pemasangannya?
Artikel Senyum - CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television atau Televisi Sirkuit Tertutup, yang merupakan salah satu kamera yang terus memantau suatu ruangan atau tempat terbuka selama 24 jam non stop selama berhari-hari sesuai dengan kemampuan memori yang disimpannya. CCTV banyak digemari karena dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan suatu tempat yang dimiliki.

Kegunaan CCTV adalah sebagai pemantauan 24 jam non stop dan terhindar dari keteledoran penjaga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan. Playback dapat mencapai 1-2 bulan lamanya sehingga mampu menghasilkan kualitas perekaman yang lebih baik. CCTV sangat berguna jika pemilik sedang bepergian keluar kota atau sedang berlibur dengan keluarga, ini sangat membantu untuk penjagaan suatu tempat.

Sedangkan installation atau pemasangannya yaitu pemasangan yang dilakukan oleh beberapa orang yang memasang CCTV guna menemukan lokasi yang tepat untuk pemasangan CCTV secara akurat. Dengan installasi ini maka pemasang dapat menentukan lokasi yang terbaik dimana rekomendasi yang dilakukan oleh pemasang dapat terpantau dengan baik sesuai keinginan dari tempat yang akan dipasangkan.

Alat yang digunakan untuk pemasangan adalah DVR atau Digital Video Recorder, kamera sesuai resolusi, kabel khusus CCTV, Jack, Power Suply CCTV, kabel ties, klem kabel, dan perkakas. Jika alat-alat sudah memenuhi syarat, maka CCTV siap untuk dipasangkan. Untuk antisipasi sebaiknya gunakanlah perkakas tambahan seperti tang, baut, paku, bor listrik atau baterai, pisau atau cutter, solasi hitam atau putih, dan peralatan lain yang diperlukan.

Panjang kabel yang diperlukan yaitu sesuai dengan survey lokasi yang sudah disepakati. Jika panjang kabel melebihi 20 meter, biasanya ada penambahan biaya, sehingga survey sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dapat berdampak pada biaya akhir jika tidak dilakukan survey terlebih dahulu. Survey dilakukan minimal 1 hari sebelum pemasangan, hal ini agar pemasangan sesuai dengan harapan di lapangan.

Cara pemasangan yang baik yaitu dengan cara memasang kamera terlebih dahulu sebelum pemasangan kabel. Setelah kamera terpasang semua sesuai dengan titik-titik yang ada, maka yang berikutnya adalah pemasangan letak DVR yang nantinya akan disalurkan melalui kabel yang akan menalir kearah server DVR.

Pengukuran titik kabel ditentukan oleh panjangnya kabel yang dipasangkan setelah survey. Panjang kabel harus sesuai dengan pesanan yang akan dipasangkan. Jika hal ini kurang maka terpaksa harus adanya penyambungan yang nantinya dapat berdampak pada kualitas video yang direkam. Sehingga pemasangan harus ada kelebihan maksimal 5 cm dari kabel yang dipasangkan.

Biasanya pihak survey dan pemasang sebaiknya harus berbeda orang. Karena jika survey dan pemasang jadi satu, maka untuk mempersiapkan pemasangan jadi terhambat. Sehingga harus adanya pemasang dan pe-survey lokasi sendiri-sendiri. Hal ini diharapkan agar pemasangan berjalan dengan lancar.

CCTV menggunakan NVR atau Network Video Recorder biasanya banyak digunakan untuk keperluan pabrik, sekolah, rumah sakit, ataupun kantor-kantor besar. Dengan menggunakan NVR ini setiap pemilik tidak memerlukan maintaince tahunan, ini disebabkan karena adanaya LAN atau Local Area Network yang sangat kuat dan tidak mudah terputus walaupun panjang lebih dari 200 meter. Sehingga CCTV jenis NVR ini sangat unggul di kelasnya.

Menggunakan monitor yang baik yaitu dilakukan dengan menentukan server atau DVR yang tersedia. Biasanya monitor itu tidak akan jauh dari server, karena menggunakan kabel VGA Video Grapich Adapter atau HDMI High-Definition Multimedia Interface. Karena jika jauh dari server kemungkinan akan menggunakan beberapa pilihan kabel tambahan, atau penyambungan kabel, bahkan harus ganti DVR menjadi NVR agar dapat terkoneksi dengan kabel LAN.

Installasi online yang biasa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi atau software yang digunakan melalui website. Penggunaan seperti Hikvision biasanya harus menggunakan akun terlebih dahulu agar terkoneksi oleh server, sehingga dapat terhubung secara otomatis ketika login pada akun yang telah terdaftarkan.

Jika menggunakan android untuk pemantauan maka harus terkoneksi terlebih dahulu pada internet, sehingga android atau iphone dapat terkoneksi dengan baik. Pada DVR biasanya terdapat kode yang menghubungkan untuk server pada aplikasi, sehingga dengan hanya menggunakan kode dari DVR tadi dapat terkoneksi dengan baik tanpa harus melalui pendaftaran akun login. Biasanya yang paling sering adalah XMeye, SPC Smart, SmartMeye, dll.

Maintaince atau perawatan CCTV sebaiknya dilakukan setiap bulannya. Sehingga pada saat cctv mengalami gangguan maka dapat ditanggulangi dengan baik oleh teknisi yang bersangkutan. Selain itu guna maintaince yaitu memantau CCTV yang mengalami gangguan, sehingga dapat dianalisis setiap bulannya.

Biaya dan anggaran untuk pemasangan CCTV bisa berbeda-beda sesuai dengan budget yang tersedia. Biasanya jika kantor harus ada anggaran keluar dan masuk untuk mempergunakan barang atau jasa apa. Sehingga biaya anggaran dan pemasangan ini tergantung dari banyaknya kamera, kualitas bahan, dan lokasi yang dikerjakan. Jika masih dalam tahap kecil maka kemungkinan biaya bisa lebih minim, namun bila sudah diluar jangkauan atau batas normal pemasangan, maka akan terkena biaya tambahan guna untuk menanggulangi bahan jika terjadi kelebihan.

Sehingga disarankan untuk meghubungi Didin Jaya Komputer yang berada di Jl. Waringin 72 Pesantren Kediri dan dapat melalui via telepon yaitu 081 27 643 2772. Konsultasi gratis dan survey wilayah Kediri dan Sekitarnya Gratis.

Kunjungi : 

Apa Itu CCTV dan Bagaimana Pemasangannya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Didin Jaya Komputer